Kini Saat Anda Makan di Restoran Digital

Melalui konsep restoran digital, Meeber mengembangkan aplikasi mobile yang bisa terintegrasi antara servis, transaksi, hingga pemasaran

Kini Saat Anda Makan di Restoran Digital

Ilustrasi Digital Restaurant

Jakarta, BerlimaNews - Tidak dipungkiri, perkembangan teknologi kian mempermudah bisnis kuliner dari masa ke masa. Melalui aplikasi, para pebisnis hingga konsumen merasakan kenyamanan makan di restoran. PT Meeber Teknologi Indonesia mencoba mewujudkan kolaborasi bisnis food & beverages dengan teknologi demi menunjang kemudahan layanan rumah makan. 

Melalui konsep restoran digital, Meeber mengembangkan aplikasi mobile yang bisa terintegrasi antara servis, transaksi, hingga pemasaran. Chief Executive Officer (CEO) PT Meeber Teknologi Indonesia Rudy Hartawan mengatakan, bisnis kuliner di Indonesia terus meningkat dan menjanjikan. "Tapi ada kerumitan dalam pengelolaan bisnis," jelas Rudy dalam acara peluncuran aplikasi terbaru Meeber di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Latar belakang tersebut membuat Meeber mencoba membuat terobosan baru berupa sistem digital yang bisa mengintegrasikan antara pemilik bisnis dan pelanggan. Keuntungan yang diperoleh tak hanya bagi pebisnis tetapi juga kedua belah pihak.

Ada dua aplikasi terbaru dari Meeber, yakni MeeberLite bagi pelaku usaha, dan Meeberian untuk pelanggan. Meski dibuat terpisah keduanya saling terintegrasi. MeeberLite merupakan aplikasi bagi merchant untuk memudahkan memberikan pelayanan. 

Bentuk servis tersebut, antara lain menerima pesanan pelanggan, pembayaran secara digital, promosi produk, serta menyediakan support system dan kontrol feedback. Dengan demikian merchant dapat meningkatkan interaksi dan hubungan bersama pelanggan.

Bagi pengusaha restoran, MeeberLite mampu memaksimalkan bisnis berdasarkan customer insights sehingga lebih relevan dan tepat sasaran. Pengusaha bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat dan terukur demi meningkatkan profit. Kemudian, aplikasi Meeberian yang digunakan pelanggan merupakan pengganti kartu anggota. Dengan basis digital, restoran bisa melihat riwayat klaim pelanggan hingga jumlah poin hadiah yang terakumulasi dari setiap transaksi. Aplikasi sudah menggunakan QR Code sehingga pelanggan tak perlu lagi membawa kartu anggota. 

Sementara aplikasi Meeberian bisa dipakai oleh para konsumen. Pelanggan dipermudah dalam memesan makanan dan minuman, melakukan pembayaran, memberikan ulasan atau komentar, hingga memperoleh promo atau diskon dari restoran. Ada beragam manfaat fitur bagi pelanggan, termasuk mendapatkan rekomendasi restoran terdekat. Konsumen bisa memakai E-Menu dan Smart Order with QR-code yang terkoneksi langsung dengan restoran. Fitur tersebut mempermudah pemesanan makanan dan lebih cepat.

Pengunjung restoran juga dapat memanfaatkan fitur waiter calling untuk memanggil pramusaji, meminta struk pembayaran, hingga memperoleh notifikasi pesanan siap diberikan. Dengan demikian restoran harus bisa melayani pelanggannya secara cepat. Ada pula fitur cashless transaction yang menggunakan dompet elektronik. Pelanggan tak perlu lagi repot membayar dengan uang tunai atau kartu.

MeeberLite dan Meeberian merupakan pengembangan dari Meeber Point of Sales (POS) yang telah dirilis 2015 lalu. Layanan tersebut juga didukung kasir daring. Kedua aplikasi saat ini fokus pada layanan dine in atau makan di tempat mengingat 85 persen transaksi berasal dari servis tersebut. "Kedua aplikasi saat ini bisa dipakai gratis," pungkas Rudy.