Tio Pakusadewo Diganjar Hukuman 9 Bulan

Terbukti tidak melakukan tindak pidana sesuai dakwaan primer, Tio Pakusadewo dijatuhi hukuman sembilan bulan penjara dipotong masa tahanan.

Tio Pakusadewo Diganjar Hukuman 9 Bulan

Tio Pakusadewo

Jakarta, BerlimaNews - Kasus narkoba yang menjerat aktor Tio Pakusadewo, dimana sebelumnya sidang  putusan harusnya dilaksanakan pada 19 Juli 2018. Namun, salah satu majelis hakim berhalangan hadir karena sakit sehingga sidang ditunda seminggu kemudian.

Tio dituntut oleh jaksa dengan 6 tahun penjara dikurangi masa tahanan, dan denda Rp 1 miliar. Dalam putusannya, hakim mengatakan bahwa Tio Pakusadewo tidak terbukti bersalah seperti dakwaan dalam pasal primer. 

"Tidak terbukti secara sah, melakukan tindak pidana sesuai dakwaan primer. Terdakwa sah dan meyakinkan menyalahgunakan narkoba secara pribadi," kata Asiadi Sembiring, Hakim Ketua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

Hakim akhirnya memutuskan, hukuman sembilan bulan bulan tahanan dipotong masa tahanan. Dan sisa masa tahanan yang ada, akan dijalani dengan rehabilitasi di RSKO.

"Memutuskan hukuman selama 9 bulan dipotong masa tahanan. Menetapkan kepada Jaksa Penuntut Umum untuk memindahkan terdakwa untuk menjalani pengobatan dan perawatan rehabilitasi medis di RSKO selama 6 bulan," ujar hakim.

Sebelumnya Tio Pakusadewo ditahan pada 25 Desember 2017, lalu kasusnya dibantarkan atau ditangguhkan pada 29 Desember 2017. Setelah berkas lengkap, Tio pun ditahan oleh Jaksa Penuntut Umum sejak 3 April 2018 sampai sekarang ini.