Jokowi: Cawapres Tingga 5 Orang. Ini yang Tersingkir

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini nama bakal calon pendampingnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 telah mengerucut dan tinggal menanti pematangan.

Jokowi: Cawapres Tingga 5 Orang. Ini yang Tersingkir

Presiden Jokowi

Jakarta, BerlimaNews -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini nama bakal calon pendampingnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 telah mengerucut dan tinggal menanti pematangan.

"Kemarin 10 mengerucut ke lima. Mbok, sabar dulu tinggal satu, dua, dan tiga minggu lagi," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (11/7/2018).

Jokowi menegaskan dirinya juga harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan seluruh partai pendukung sebelum mendeklarasikan cawapres. 

"Yang namanya digodok itu pasti menunggu biar matang. Kalau belum matang dikeluarkan jadi setengah matang," tuturnya sambil tersenyum. 

Senyum Jokowi selalu terlihat ketika mendengarkan pertanyaan seputar bakal calon pendampingnya, termasuk ketika dikonfirmasi mengenai latar belakang bakal cawapresnya. "Bisa partai, bisa nonpartai, bisa profesional, bisa sipil, bisa TNI atau Polri," ucap Jokowi. 

Ia enggan berkomentar ketika disinggung penentuan cawapres dilakukan setelah mengetahui pasangan yang bakal menjadi lawannya dalam Pilpres mendatang.

"Tadi saya sudah bilang dalam proses digodok. Digodok itu airnya harus panas dan mendidih biar segera matang. Kalau matang nanti kami sampaikan pada saat yang tepat," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjawab pertanyaan wartawan soal sosok-sosok yang masuk bakal jadi cawapresnya.

Jika merujuk hasil Expert Judgement tim LSI Denny JA, peluang lima orang kandidat cawapres Jokowi yakni Tuan Guru Bajang, Mahfud MD, Tito Karnavian, Moeldoko dan Sri Mulyani.