WhatsApp Bisa Mendeteksi Pesan Berbahaya

Terdapat penanda semacam watermark, pesan tersebut berbahaya bila dibuka. WABetaInfo melaporkan, fitur baru ini berfungsi secara lokal dan tidak mengirimkan ke server WhatsApp

WhatsApp Bisa Mendeteksi Pesan Berbahaya

WhatsApp

Jakarta, BerlimaNews - WhatsApp dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru yang berguna bagi pengguna agar waspada dalam menerima pesan dari kontak mereka. Laman pembocor informasi valid dan fitur WhatsApp, WABetaInfo, melaporkan aplikasi milik Facebook itu sedang menyiapkan fitur yang bisa mendeteksi tautan website berbahaya dan mencurigakan.

Nama fitur itu adalah Suspicious Link Detection. WABetaInfo menuliskan, fitur tersebut akan mendeteksi pesan berbahaya dan mencurigakan secara fungsional. Dikutip dari WABetaInfo, Selasa, (10/07/2018), dari bocoran tangkapan layar yang muncul, fitur pendeteksi pesan berbahaya ini akan melabeli sebuah pesan dengan label merah jika memang isi dari pesan tersebut berbahaya. 

Nantinya terdapat penanda atau semacam watermark, pesan tersebut berbahaya bila dibuka. WABetaInfo melaporkan, fitur baru ini berfungsi secara lokal dan tidak mengirimkan ke server WhatsApp. Tak ada data yang dikirim ke server WhatsApp.

Nantinya jika pengguna tetap ngotot mengklik tautan atau pesan perbahaya itu, WhatsApp tak tinggal diam. Aplikasi itu akan mengingatkan pengguna sekali lagi. Tautan berbahaya ini berisi karakter tak lazim. Pesan ini kemungkinan mengarahkan ke situs lain," tulis peringatan yang bocor dalam tangkapan layar tersebut. 

Laman pembocor fitur WhatsApp itu mengatakan, aplikasi pesan instan populer itu tak akan berhenti dengan fitur tersebut. WhatsApp kemungkinan bakal terus meningkatkan fiturnya untuk membuat pengguna nyaman dalam menggunakan layanannya.

Malah WABetaInfo menduga, pada versi aplikasi WhatsApp yang terbaru, bakal muncul fitur yang memungkinkan pengguna secara manual melaporkan tautan atau pesan berbahaya sebelum WhatsApp mendeteksinya. WABetaInfo menuliskan, fitur baru itu bakal dinikmati pengguna dalam versi aplikasi 2.18.206.