Bulog Edarkan Beras Renceng Mulai September

Perum Bulog menargetkan beras kemasan renceng (sachet) sudah bisa tersebar ke seluruh Indonesia pada September 2018.

Bulog Edarkan Beras Renceng Mulai September

Dirut Bulog Budi Waseso

Jakarta, BerlimaNews - Perum Bulog menargetkan beras kemasan renceng (sachet) sudah bisa tersebar ke seluruh Indonesia pada September 2018. Akhir Juli diharapkan seluruh wilayah Indonesia sudah bisa memproduksi beras kemasan renceng itu.

"September harus sudah tersebar. Intinya kita akan tambah terus," kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog Imam Subowo di Jakarta, Senin (9/7/2018).

Saat ini, menurut dia, produksi beras kemasan renceng sudah cukup tinggi di Jawa Barat dan juga mulai juga terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Mungkin minggu ketiga Juli ini seluruh Indonesia sudah bisa produksi," katanya.

Imam mengatakan produksi beras renceng yang tinggi di sejumlah wilayah menunjukkan tanggapan positif masyarakat atas produk tersebut.

Ia mengemukakan pihaknya akan mengutamakan ketersediaan beras renceng agar bisa tersedia di setiap titik di Indonesia alih alih banyaknya produk yang tersebar dengan mendorong produksinya.

Setelah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta dan Sulawesi Selatan yang telah memproduksi beras renceng, dinyatakannya, dalam waktu dekat Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bengkulu juga akan mulai memproduksi beras renceng.

Saat ini beras kemasan renceng seberat 200 gram masih akan dibanderol seharga Rp2.500 di seluruh Indonesia, dan kemungkinan bisa mengalami penyesuaian.

"Nanti sambil kita lihat perkembangannya karena memang yang produksi di daerah masing-masing, misalnya Sumatera Barat ya memproduksi beras, Sumbar, karena preferensi masyarakat di situ," demikian Imam Subowo.