Misi Penyelamatan 13 Orang yang Terjebak di Dalam Gua, Dilakukan Dengan Penyelaman

Setelah tersesat beberapa waktu lalu, 13 orang yang tersesat dalam gua akhirnya akan dievakuasi dengan menggunakan teknik menyelam.

Misi Penyelamatan 13 Orang yang Terjebak di Dalam Gua, Dilakukan Dengan Penyelaman

Penyelamatan 13 orang yang terjebak di dalam sebuah gua di Thailand.

Thailand, BerlimaNews - 12 remaja dan seorang pelatih sepak bola yang tersesat di dalam sebuah gua di Thailand, memang sudah ditemukan oleh petugas gabungan. Namun, untuk mengeluarkan mereka dari dalam menjadi hal yang cukup sulit. 

Dalam misi penyelamatan tersebut, akhirnya dipilih opsi melakukan penyelaman untuk mengeluarkan mereka dari dalam gua. Untuk itu, disiapkan sebanyak 13 orang penyelam asing dan lima anggota pasukan elite Navy SEAL Thailand.

Untuk praktek menyelam, semuanya diberikan pelatihan singkat penyelaman dalam gua. Namun penyelaman yang akan dilewati sangat berbahaya, karena airnya keruh dan beberapa lorongnya sempit hanya selebar 0,6 meter.

Misi penyelamatan itu, akan dimulai pada hari Minggu (8/7/2018). "Hari ini adalah hari-H. Pukul 10 hari ini, 13 penyelam asing akan masuk untuk mengeluarkan anak-anak itu bersama dengan 5 anggota navy SEAL Thailand," kata Narongsak Osottanakor, Ketua tim penyelamat.

Misi bisa berlangsung berhari-hari atau dihentikan sementara di tengah jalan kapan saja. Selain medan yang berbahaya, upaya penyelamatan ini berburu dengan waktu dan cuaca. Dalam 24 jam terakhir, wilayah Chiang Rai tempat gua Tham Luang itu berada diguyur hujan.

Diperkirakan, penyelamatan memakan waktu hingga 11 jam. Anak pertama, kata Narongsak, diperkirakan akan berhasil dikeluarkan pada pukul 9 malam waktu setempat.