4 Syarat Agar Tik Tok Tidak Diblokir Kemkominfo

Syarat agar aplikasi Tik Tok tidak diblokir, Kemkominfo memberikan empat syarat yang harus dipenuhi oleh manajemen Tik Tok. Hal serupa juga diterapkan Kemkominfo, saat memblokir Bigo Live pada Desember 2016 lalu.

4 Syarat Agar Tik Tok Tidak Diblokir Kemkominfo

Aplikasi Tik Tok yang diblokir di Indonesia.

Jakarta, Berlimanews - Rabu (4/7/2018) majaemen aplikasi Tik Tok, bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Hal tersebut, dilakukan karena Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), memblokir layanan aplikasi Tik Tok di Indonesia.

Pada pertemuan tersebut, Kemkominfo meminta manajemen Tik Tok untuk memenuhi empat persyaratan agar blokirnya bisa dibuka kembali. Syaratnya yaitu, pertama Tik Tok harus membersihkan platform-nya dari konten negative, kedua Tik Tok menaikkan batas umur penggunaya di Indonesia.

 "Dalam komitmen ini, mereka akan melakukan filtering atas konten konten yang negatif. Juga ada beberapa hal yang akan dilakukan perubahan, seperti batas umur. Katanya batas usianya kan 12 tahun, ini aneh juga, kita minta mereka naikkan batas umurnya," ujar Rudiantara.

Syarat ketiga, Tik Tok juga diminta untuk membuka kantor cabang di Indonesia agar bisa terjalin komunikasi yang lebih baik apabila muncul konten-konten negatif di kemudian hari. Dan yang terakhir, Tik Tok harus merekrut karyawan lokal untuk memantau konten.

Kemkominfo  juga melakukan hal serupa terhadap Bigo Live, ketika platform live streaming video tersebut diblokir pada Desember 2016 karena ada konten ketelanjangan.