12 Remaja Thailand Yang Terjebak di Gua Ditemukan Selamat

Upaya yang terus dilakukan tim penyelamat, akhirnya membuahkan hasil positif. 13 orang yang terjebak dalam gua, ditemukan dalam kondisi selamat.

12 Remaja Thailand Yang Terjebak di Gua Ditemukan Selamat

Pencarian korban yang terjebak dalam gua di Thailand selama sembilan hari.

Thailand, BerlimaNews - Setelah hilang selama sembilan hari di gua, akhirnya 12 anak remaja bersama seorang pelatih sepak bola ditemukan dengan kondisi selamat. 13 orang tersebut terjebak di dalam gua, saat melakukan penjelajahan ke gua-gua Tham Luang.

Dalam pencarian, dikerahkan satuan elite Navy Seals Thailand, satu tim penyelam internasional juga membantu upaya penyelamatan. 

Penyelamatan dilakukan dengan menurunkan permukaan air di dalam gua, menggunakan Pompa air menghisap 10.000 liter air dari dalam gua setiap jam. Medan yang cukup sulit, membuat tim penyelamat hanya bisa bergerak 600 meter dalam waktu 8 jam.

Menurut para ahli kesehatan setempat, keselamatan para korban yang terperengkap tergantung pada ketersediaan air bersih dan bisa bertahan selama delapan hari walau tanpa makanan.

Namum para korban juga memiliki beberapa resiko, saat mereka bertahan menunggu pertolongan. "korban menghadapi risiko infeksi dari air kotor maupun kontak fisik dengan sejumlah binatang di dalam gua," ujar Dr Somsak Akkasilp, Direktur Departemen Layanan Medis.

Kondisi suhu dalam gua, diperkirakan 20-25 derajat celcius. Selain itu, batu kapur yang berpori-pori membuat oksigen cukup mengalir di dalam gua yang dikenal mengandung kantung-kantung air dengan CO2.