Polisi Mulai Sosialisasi Perpanjangan Ganjil Genap di Jakarta

Sosialisasi perluasan ganjil-genap mulai dilaksanakan, namun pihak Kepolisian belum memberikan sanksi tilang terhadap para pelanggar.

Polisi Mulai Sosialisasi Perpanjangan Ganjil Genap di Jakarta

Sosialisasi perpanjangan ganjil-genap, akan dilakukan hingga akhir Juli 2018.

Jakarta, BerlimaNews - Perluasan sistem ganjil-genap di Jakarta, sudah masuk tahap uji coba. Perluasan tersebut, dilakukan untuk menyukseskan gelaran Asian Games 2018. Uji coba ini, akan dilakukan mulai 2-31 Juli 2018. 

Dalam masa uji coba ini Polisi, belum memberikan tindakan tilang kepada pelanggar. Tindakan yang diterapkan pada masa uji coba, masih bersifat persuasif dan edukatif. 

"Kan hari ini baru uji coba, belum ada penindakan. Sekarang ditekankan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat persuasif dan edukatif dulu," jelas AKBP Budiyanto, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (2/7/2018).

Sosialisasi ini dilakukan secar bertahap, yang dimulai dari pembagian brosur yang berisikan tentang informasi berkaitan dengan perluasan ganjil-genap di sejumlah wilayah DKI.

"Nanti minggu kedua bulan Juli peringatan. Minggu ketiga nanti yang tidak sesuai kita alihkan jalurnya. Penindakan nanti setelah diberlakukan pada 1 Agustus," jelasnya.

Selama masa sosialisasi, Polisi dibantu Dinas Perhubungan DKI Jakarta hanya menyosialiasikan perluasan ganjil-genap, berikut dengan ruas jalan alternatifnya. 

Adapun jalur alternatif yang sudah disiapkan pihak kepolisian dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

1. Jalan Perintis Kemerdekaan–Jalan Suprapto–Jalan Salemba Raya–Jalan Matraman (dari arah Timur).

2. Jalan Warung Jati Barat–Jalan Pejaten Raya–Jalan Pasar Minggu–Jalan Soepomo–Jalan Saharjo (dari arah Selatan).

3. Jalan RE Martadinata–Jalan Danau Sunter Barat–Jalan HBR Motik–Jalan Gunung Sahari (dari arah Utara).

4. Jalan RA Kartini–Jalan Ciputat Raya (dari arah Selatan).

5. Jalan Akses Tol Cikampek–Jalan Sutoyo–Jalan Dewi Sartika (dari arah Timur).

6. Jalan S Parman–Jalan Tomang Raya–Jalan Surya Pranoto/Cideng (dari arah Utara).