Selebrasi Xhaka dan Shaqiri Diganjar Hukuman Denda Oleh FIFA

Para pemain yang terlibat selebrasi kontroversial seperti Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, Stephan Lichtsteiner tetap diizinkan untuk berlaga di Piala Dunia 2018.

Selebrasi Xhaka dan Shaqiri Diganjar Hukuman Denda Oleh FIFA

Selebrasi yang dinilai FIFA berunsur politik.

Rusia, BerlimaNews - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), akhirnya menjatuhkan sanksi finansial kepada Granit Xhakadan Xherdan Shaqiri setelah melakukan selebrasi yang kontroversial di Piala Dunia 2018 Rusia.

FIFA juga tidak hanya memberikan hukuman kepada kedua pemain tersebut, tetapi banyak pihak lain yang akhirnya terkena hukuman. Menurut FIFA, selebrasi Xhaka dan Shaqiri bermuatan politik.

Pihak yang terkena hukuman denda dari FIFA, yaitu Xhaka dan Shaqiri diganjar sanksi denda sebesar 7,633 Poundsterling atau Rp 126,4 juta. Lalu, Stephan Lichtsteiner turut didenda 3,816 Poundsterling atau Rp 63,2 juta karena dinilai juga melakukan gerakan yang sama ketika pertandingan usai.

Kemudian ketua federasi Swiss, Slavisa Kokeza dan pelatih kepala Serbia, Mladen Krstajic masing-masing didenda 5000 dollar atau Rp 70,7 juta akibat komentarnya seusai pertandingan.

Federasi sepak bola Serbia (FA Serbia) turut terseret, dengan denda 41,217 Poundsterling atau  Rp 583,2 juta karena ulah suporter selama pertandingan yang melempar benda-benda dan menampilkan spanduk diskriminatif.