Pertama Kalinya Perempuan Arab Saudi Jajal Trek Balap di Negaranya

Ekspresi kegembiraan perempuan di Arab Saudi, diperlihat dengan menjajal menyetir di trek balap seperti yang dilakukan oleh Aseel Al Hamad salah seorang pembalap perempuan Saudi Arabia.

Pertama Kalinya Perempuan Arab Saudi Jajal Trek Balap di Negaranya

Aseel Al Hamad, saat menjajal trek balap di negaranya sendiri. (Foto: Istimewa).

Arab Saudi, BerlimaNews - Aturan kebebasan perempuan bisa menyetir sendiri, menjadi sebuah kado yang luar biasa bagi para perempuan di Saudi Arabia. Dengan adanya aturan tersebut, Aseel Al Hamad salah seorang pembalap perempuan Saudi Arabia langsung menjajal Jaguar F-Type di trek balap.

Pebalap perempuan tersebut mengakui, bahwa ini merupakan pertamakalinya ia bisa menyetir mobil sendiri di trek balap yang ada di negara asalnya. Al Hamad, merupakan perempuan pertama yang menjadi anggota Saudi Arabian Motor Federation.

"Saya mencintai mobil sejak kecil, hari ini adalah hari paling emosinal bagi saya. Ini adalah momen menyetir terbaik selama hidup saya," ujarnya seperti dilansir dari laman motor1.

Selain itu, ia juga menjadi representatif perempuan Saudi Arabia di Motorsport Commission untuk FIA. Al Hamad berkolaborasi dengan Jaguar untuk merayakan kebebasan berkendara bagi perempuan di seluruh dunia, World Driving Day.

"Apa cara yang lebih baik untuk merayakan World Driving Day dengan berkendara di negara saya dengan Jaguar F-Type. Saya berharap orang-orang di seluruh dunia bisa berbagi kebahagian dengan berbagi cerita berkendara yang paling tak terlupkan," jelasnya.

Sementara, lisensi bagi pengemudi perempuan akan segera bisa diurus segera pada bulan ini. Sebelumnya, ada 10 orang perempuan yang memiliki SIM Internasional, kecuali SIM dari negaranya sendiri. Sisanya, 2.000 perempuan lainnya akan segera bergabung dengan 10 orang yang telah memiliki SIM Internasional.

Aturan kebebasan berkendara bagi perempuan di Arab Saudi, juga merubah industri otomotif di negara tersebut. Sejak diumumkan pertama kali,  dealer khusus untuk perempuan untuk pertama kalinya dibuka pada januari 2018.