Tidak Hanya Barang KW China Juga Mahir Membuat Landmark KW

Sekali berkunjung ke China, anda bisa langsung berkeliling dunia dengan mengunjungi beberapa replika landmark dari beberapa negara yang dibangun mirip dengan aslinya.

Tidak Hanya Barang KW China Juga Mahir Membuat Landmark KW

Replika dari patung Sphinx yang ada di Mesir, yang dibuat di Kota Shijiazhuang, Provinsi Hebei, China.

China, berlimanews - Negara China terkenal dengan tiruan barang-barang yang berkualitas, tapi tidak hanya barang saja bahkan landmark berbagai negara juga pernah ditiru. Salah satunya replika dari Patung Sphinx yang ada di Mesir, yang dibuat di Kota Shijiazhuang, Provinsi Hebei.

Kabarnya, replika tersebut dibangun, untuk kepetingan sebuah film pada tahun 2014 lalu. Sphinx palsu itu pernah disingkirkan pada 2016 atas permintaan pemerintah Mesir. Namun, patung kembali dan otoritas Mesir lagi-lagi menyatakan ketidaksukaan mereka atas Sphinx tiruan tersebut.

Tidak hanya Patung Sphinx, berikut ini beberapa replika yang pernah dibuat oleh China, yang dilansir dari dari South China Morning Post.:

1. Menara Eiffel

Monumen terkenal di Paris, Prancis, ini dibuat tiruannya di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, sejak 2007. Menara Eiffel tiruan tersebut hanya memiliki tinggi 108 meter (m), sekira setengah dari tinggi monumen aslinya di Paris. Demi menambah suasana ala Negeri Mode, dibangun bangunan bergaya arsitektur Prancis di area seluas 12 mil persegi.

2. London Bridge

Monumen ikonik di Ibu Kota Inggris ini dibuat tiruannya di China pada 2014. Jembatan tiruan di Suzhou ini benar-benar meniru London Bridge, lengkap dengan menara kembarnya. Monumen tiruan selebar 46 m ini kerap dipakai sebagai latar belakang untuk foto prewedding.

3. Colosseum

Makau, yang masih masuk dalam wilayah China, menyimpan beragam bangunan bergaya arsitektur Portugal, negara yang pernah menjajahnya. Salah satunya adalah Roman Amphitheatre yang mampu menampung 2.000 orang, mirip dengan Colosseum di Roma, Italia.

Berbeda dengan Colosseum yang asli, bangunan tiruan ini dibuat untuk pusat perbelanjaan dan taman rekreasi. Karena Makau juga dikenal dengan surga judi, maka tidak heran kalau ada kasino di area dekat Colosseum tiruan tersebut.

4. Venezia

Salah satu destinasi wisata di Italia ini terkenal dengan kanal-kanal air yang membelah kota. Para pengembang di Kota Dalian yang berada di pinggir laut berupaya keras meniru kanal-kanal besar yang membelah Venezia.

Proyek yang melibatkan sekira 200 bangunan dan kanal sepanjang 4 kilometer (km) itu dibuka pada 2016. Pembangunannya menghabiskan dana hingga 5 miliar yuan (setara Rp10 triliun). Jangan lupa, gondola-gondola di Dalian siap mengantar Anda merasakan Venezia kw tersebut.