Gubernur DKI : Tidak Ada Satu Dari Isi Pergub Mengatakan Bahwa Reklamasi Dilanjutkan

17 pulau yang direncanakan dibangun, empat pulau sudah dibangun, 13 pulau belum. Dan yang belum tidak akan teruskan.

Gubernur DKI : Tidak Ada Satu Dari Isi Pergub Mengatakan Bahwa Reklamasi Dilanjutkan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Jakarta, BerlimaNews - Terkait dengan keluarnya Pergub Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 58 Tahun 2018 tentang Pembentukan, Organisasi, dan Tata Kerja Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akhirnya buka suara, ia mengatakan tetap menolak reklamasi di teluk Jakarta.

"Komitmen kita jelas, bahwa janji kita adalah menghentikan reklamasi dan itu ada 17 pulau yang direncanakan dibangun. Empat pulau sudah dibangun, 13 pulau belum. Dan yang belum tidak akan kita teruskan," ujar Anies, Kamis (14/6/2018).

13 pulau yang belum di bangun tersebut, tidak masuk ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). "Kita itu kalau bekerja menggunakan rencana dan tidak dimasukan dalam rencana untuk reklamasi. Jadi kita tidak teruskan," kata dia.

Menurutnya, pulau yang sudah berjalan, seperti pulau C, D dan G tetap akan dimanfaatkan yang nantinya akan dikelola oleh badan pengelola. "Di mana pengelolaan pulau-pulau hasil reklamasi melalui badan pengelola. Karena itulah ada badan. Jadi badan ini justru mengaskan bahwa kita tidak meneruskan reklamasi," jelas Anies.

Anies pun mempertanyakan, pihak yang menyebut reklamsi 17 pulau dilanjutkan. "Jadi yang mengatakan reklamasi dilanjutkan berimajinasi, lalu mengkritik imajinasinya sendiri. Tidak ada satu dari isi Pergub mengatakan bahwa reklamasi dilanjutkan," kata dia.