Kini Netter Bisa Gunakan Google Translate Offline yang Makin Canggih

Berkat teknologi Neural Machine Translation (NMT) yang diperkenalkan dua tahun lalu, aplikasi terjemahan Google itu bisa bekerja dalam mode offline

Kini Netter Bisa Gunakan Google Translate Offline yang Makin Canggih

Ilustrasi Google Translete Offline

Jakarta, BerlimaNews - Google memperbarui kemampuan Google Translate untuk bisa tetap bisa diakses walaupun tanpa koneksi internet. Berkat teknologi Neural Machine Translation (NMT) yang diperkenalkan dua tahun lalu, aplikasi terjemahan Google itu bisa bekerja dalam mode offline.  "Hari ini kami membawa teknologi NMT offline pada perangkat. Artinya teknologi ini akan bisa dijalankan di aplikasi Google Translate langsung di perangkat Android atau iOS Anda. Jadi Anda akan mendapatkan kualitas terbaik walaupun Anda tidak punya akses koneksi internet," jelas Product Manager Translate Aplikasi Google, Julie Cattiau, dikutip dari laman blog Google, Rabu (13/06/2018). 

Sistem NMT merupakan proses penerjemahan seluruh kalimat sekaligus, tidak lagi kata per katanya. Ini membuat konteks kalimat terjemahan menjadi lebih relevan daripada diartikan kata per kata.  Cattiau menuturkan, terjemahan offline ini akan sangat membantu jika pengguna Google Translate sedang bepergian ke negara tanpa paket data atau tidak ada akses internet. Selain itu, pengaturan setiap bahasanya kapasitasnya hanya 35-45 MB, jadi tidak akan memerlukan banyak penyimpanan saat mengunduhnya.

Untuk menggunakan, akan ada notifikasi pembaharuan file offline pada laman terjemahan yang pernah digunakan penggunaan sebelumnya. Klik update terjemahan offline. Cara lainnya, pada pengaturan offline translation lalu klik di sebelah bahasa untuk unduh paket bahasa itu. "Sekarang Anda akan siap untuk menerjemahkan teks saat Anda online ataupun tidak," ujar Cattiau.

Pembaharuan Google Translate Offline ini akan dijalankan pada 59 bahasa mulai beberapa hari ke depan.