Tol JORR Akan Terintegrasi Jadi Cukup Satu Kali Bayar

Adanya integrasi tersebut, penggunaan jalan hanya perlu membayar satu kali saja. Pembayaran sendiri dilakukan pada saat akan memasuki jalan tol.

Tol JORR Akan Terintegrasi Jadi Cukup Satu Kali Bayar

Ilustrasi

Jakarta, BerlimaNews - Waktu sosialisasi dalam rangka integrasi Jakarta Outer Ring Road (JORR), ditambah dari kesepakatan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT-Kementerian PU-Pera) bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pengelola ruas JORR.

Integrasi sistem pembayaran dan besaran tarif akan berlaku dalam 7 hari kalender sejak keputusan dibuat, atau pada tanggal 13 Juni 2018 Pukul 00.00 WIB. Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 382/KPTS/M/2018 tanggal 5 Juni 2018, tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor, tarif, dan sistem pengumpulan tol secara integrasi pada Jalan Tol JORR.

Dengan adanya kesepakatan tersebut, pemberlakuan sistem integrasi JORR akan berlaku efektif mulai hari Rabu, 20 Juni 2018 pukul 00.00 WIB. Kepala BPJT Herry TZ mengatakan, dengan adanya integrasi tersebut, penggunaan jalan hanya perlu membayar satu kali saja. Pembayaran sendiri dilakukan pada saat akan memasuki jalan tol. “Dengan adanya integrasi ini hanya ada 1 kali transaksi saat masuk tol, di mana saja dengan tarif sama,” ujar Herry. 

Adapun seksi yang diberlakukan integrasi pada Jalan Tol JORR efektif mulai 20 Juni 2018 pukul 00.00 WIB meliputi Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.

Tarif yang dikenakan untuk masuk tol JORR yakni Rp15.000 untuk golongan I. Dengan uang sebesar itu, masyarakat bebas melewati ruas JORR W1, JORR W2U, W2S, S, E1, E2, E3, Akses Tanjung Priok, Ulujami-Pondok Aren hanya diberlakukan tarif Rp15.000 untuk golongan I, atau kendaraan pribadi roda empat.

“Untuk golongan 2 dan 3, tarif yang kita kenakan Rp22.500 atau 1,5 kali dari golongan I, kemudian golongan 4 dan 5 sebesar 2 kali lipat dari golongan I, sebesar Rp30.000,” ucapnya.