Trend Pembeli Apartemen Adalah Generasi Milenial

Apartemen menjadi pilihan para generasi milenial, khususnya di kota-kota besar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Trend Pembeli Apartemen Adalah Generasi Milenial

Ilustrasi

Jakarta, BerlimaNews - Saat bulan Ramadhan tahun ini, pasar properti secara tradisional alami penurunan. Namun, untuk penjualan apartemen sepertinya masih terlihat mulus. Faktornya antaralain, masih tingginya minat generasi milenial untuk memiliki sebuah apartemen. Itu terjadi, khususnya di kota besar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Rumah.com bersama lembaga survei Singapura, Intuit, menunjukkan bahwa 59 persen responden berusia 20-39 tahun tertarik membeli apartemen dalam enam bulan ke depan. Minat yang lebih tinggi lagi ditunjukkan generasi selanjutnya. Sebanyak 61persen responden usia 40-60 tahun menyatakan berminat membeli apartemen dalam enam bulan ke depan. 

Tingginya minat terhadap apartemen ini tidak lepas dari karakter apartemen, yakni hunian dengan harga relatif terjangkau dan berada di lokasi strategis. Dengan demikian, apartemen bisa dimanfaatkan juga sebagai investasi.

Berdasarkan Rumah.com Property Index, harga apartemen secara nasional melonjak drastis dalam tiga tahun terakhir. Peningkatan harga apartemen tetap stabil, bahkan meski berada dalam periode Ramadan. Jika dalam periode Ramadan 2016 yang dimulai pada awal Juni 2016 (akhir kuartal kedua) dan berakhir pada awal Juli 2016 (awal kuartal ketiga), misalnya, tren pasar apartemen meningkat 1,1 persen pada kuartal ketiga (Q3) dibandingkan kuartal kedua (Quarter-Quarter/ Q-O-Q).

“Selanjutnya, pada periode Ramadan 2017 yang dimulai pada akhir Mei 2017 dan berakhir pada akhir Juni 2017 (kuartal kedua), peningkatan juga tetap terjadi. Index menunjukkan kenaikan 2 persen pada Q3 dari Q2. Secara tahunan, Index menunjukkan kenaikan harga sebesar 10,5 persen pada Q1 2018 dibandingkan Q1 2017,” jelas Marine Novita, Country Manager Rumah.com.