Mudik Sambil Merasakan Kemewahan Kereta Api Wisata

Kemewahan kereta wisata tidak hanya bisa dirasakan oleh Pejabat atau tamu Negara saja, para pemudik kini juga bisa merasakan kemewahan dan kelengkapan fasailitas dari KA Wisata.

Mudik Sambil Merasakan Kemewahan Kereta Api Wisata

Kereta Api Wisata Prioritas. (Istimewa)

Jakarta, BerlimaNews - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan Kereta Api (KA) Wisata Prioritas, yang biasanya digunakan untuk perjalanan Kepresidenan serta tamu negara mengangkut pemudik Lebaran 2018. Yang istimewa, tahun ini PT. KAI akan menjual tiket untuk perorangan untuk bisa menikmati kereta api wisata yang biasanya harus disewa satu gerbong.

Harga yang ditawarkan untuk bisa menggunakan KA Wisata Prioritas ini, bervariasi mulai dari Rp. 300 ribu untuk tujuan Gambir ke Bandung hingga Rp. 1.200.000 untuk tujuan Gambir ke Malang. Jika menggunakan KA Wisata ini, penumpang juga akan mendapatkan pelayanan prioritas dengan fasilitas yang lebih lengkap dan juga mewah.

“Masyarakat yang naik kereta wisata itu kelasnya sama setara dengan layanan keluarga kepresidenan dan tamu-tamu Negara lainnya,” jelas Totok Suryono, Presiden Direktur PT KA Wisata Prioritas. Gerbong ditaruh paling belakang atau paling depan, agar pelayanannya eksklusif. Di dalam kereta wisata ada bar dan resto sendiri dengan pelayanan khusus yang berbeda dengan gerbong kereta lain kendati ditarik sama dengan rangkaian kereta lainnya.

Tahun ini pemudik yang menggunakan KA Wisata alami peningkatan yang signifikan, untuk penumpang dengan FIT (free independent traveler) atau perseorangan ada 8.736 orang, dengan 306 perjalanan. Sedangkan penumpang sewa carteran 444 orang dengan 22 perjalanan.

Selain KA wisata dengan skema penjualan FIT, ada pula KA wisata dengan sistem sewa atau carter dengan tarif Rp26,5 juta per gerbong seperti KA Toraja, KA Jawa, KA Bali, KA Sumatera, KA Nusantara, dan KA Imperial dengan jumlah kursi antara 19-22 seat.

Untuk KA Wisata Imperial menawarkan sejumlah fasilitas yang mewah dan nyaman dengan interior modern dan tempat duduk yang bisa direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat), dilengkapi head rest fleksibel yang bisa disesuaikan.

Setiap kursi telah didukung dengan meja portable. Bagi yang membawa smartphone atau gadget juga tak perlu bingung jika ingin mengisi daya, sebab di sebelah kursi sudah disediakan power socket. KA Imperial dengan kapasitas 20 penumpang ini juga dilengkapi fasilitas pendukung layaknya karaoke, film, makan dan minum, bagasi 20 kg, mini bar, toilet, hingga konfigurasi tempat duduk 2-1.