PAN Mungkin Akan Capreskan Amien Rais

Viva mengatakan partai akan berterimakasih apabila ketua Dewan Kehormatan PAN ini bersedia maju sebagai capres pada 2019

PAN Mungkin Akan Capreskan Amien Rais

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais

Jakarta, BerlimaNews - Pernyataan mantan Ketua MPR Amien Rais soal keinginannya maju sebagai calon presiden (capres) 2019 disikapi serius oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Sebagai partai yang diinisiasi salah satunya oleh Amien selaku tokoh reformasi, PAN akan membahas keseriusan pencapresan Amien dalam waktu dekat. 

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan PAN akan melakukan pembahasan mengenai capres dan calon wakil presiden (cawapres) setelah penyelenggaraan Pilkada serentak 2018. Pada 28 Juni 2018, PAN akan melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), yang salah satu agendanya finalisasi keputusan partai tentang pasangan capres/cawapres. 

Viva mengatakan partai akan berterimakasih apabila ketua Dewan Kehormatan PAN ini bersedia maju sebagai capres pada 2019. “Apabila Pak Amien siap, PAN akan serius mencalonkan Amien Rais running for President 2019," ujar Viva dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (10/06/2018).

Menurutnya, tidak ada alasan bagi PAN untuk menolak pencalonan tokoh seperti Amien. Selain dari internal PAN, Viva mengungkapkan ada beberapa alasan Amien menjadi sosok yang tepat untuk capres 2019. "Pak Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta NKRI, dan cinta rakyat Indonesia," kata dia.

Selain itu, ia menganggap pengalaman kepemimpinan Amien di tingkat nasional sudah pernah terbukti. Amien pernah menjadi ketua umum PP Muhammadiyah periode 1995-1998, ketua umum PAN 1998-2005 dan ketua MPR RI 1999-2004. "Pak Amien memiliki konsep dan kapasitas leadership dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional sesuai berdirinya Negara Republik Indonesia," paparnya.

Hingga usia saat ini menginjak 74 tahun, menurut Viva, Amien Rais masih memiliki fisik yang cukup kuat. Terbukti, Amien beberapa kali ikut aksi dan kegiatan politik.  "Pak Amien masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan," kata Viva menambahkan.

Kendati demikian, ia menyebut PAN juga telah mengusulkan tiga nama lain sebagai capres. Mereka, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Penasehat PAN Soetrisno Bachir, dan mantan ketua umum PAN Hatta Rajasa. Dalam sebuah kesempatan, Amin mengaku dirinya masih layak untuk diusung menjadi calon presiden dari partainya. Amien menyadari bahwa dia tidak lagi muda, tetapi dia terinspirasi kemenangan Mahathir Mohamad yang sudah berusia 92 tahun pada Pemilu Malaysia beberapa waktu lalu.

Amien berpendapat peristiwa di Malaysia bisa saja terjadi di Indonesia. "Kalau Mbah Amien Rais ini kan walaupun tua ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir jadi (perdana menteri), saya jadi remaja lagi sekarang kan ya? Jadi saya berterima kasih ke Pak Mahathir," katanya, Sabtu (09/06/2018).

Saat ditanya wartawan tentang kesiapannya untuk maju menjadi calon presiden, Amien menjawab manusia tidak pernah tahu tentang apa yang terjadi pada masa depan. Ia mengatakan itu masih merupakan rahasia Ilahi. "Karena itu manusia punya kewajiban untuk berjuang, bergerak membuat movement supaya cita-citanya tercapai," jelas Amien.