SBY Sebut, Masalah Bangsa Saat Ini adalah Kemiskinan Masih Tinggi

Meskipun menurut dia kesenjangan sosial juga dialami oleh negara-negara lain sedang bertumbuh ekonominya

SBY Sebut, Masalah Bangsa Saat Ini adalah Kemiskinan Masih Tinggi

Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono

Jakarta, BerlimaNews - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan refleksi Ramadan di Jakarta Convention Center pada Sabtu (09/06/2018). Dalam ceramahnya, SBY menyinggung tentang permasalahan bangsa saat ini, seperti masalah kemiskinan. "Apa persoalan bangsa yang terkait keadilan sosial sekarang ini dan apa yang harus kita lakukan secara bersama. Persoalan kita saat ini adalah, pertama kemiskinan masih relatif tinggi," kata SBY.

Masalah kedua, menurut Presiden RI ke-6 ini, adalah masalah ketimpangan sosial. Meskipun menurut dia kesenjangan sosial juga dialami oleh negara-negara lain sedang bertumbuh ekonominya. "Ketimpangan atau kesenjangan sosial ekonomi pada prinsipnya makin meningkat. Memang ini tidak hanya dialami oleh Indonesia," ujar SBY.

Menurut dia, ada tugas negara dan yang lainnya untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan. Dia pun menyebut ada banyak strategi dalam menghadapi permasalahan itu. "Di antaranya adalah, sebaiknya, yang dibangun oleh pemerintah baik pusat maupun daerah, jangan hanya yang serba benda atau materi, tetapi juga manusianya," katanya.

Dia juga menjelaskan pemerintah jangan melupakan program pengentasan kemiskinan. Setiap kebijakan pemerintah juga menurutnya harus peka dengan rakyat miskin. "Termasuk apabila ada kenaikan harga BBM dan tarif listrik, haruslah sensitif atau peka terhadap rakyat miskin, dalam arti, jangan lupa memberikan bantuan pada mereka," lanjut SBY.