2.000 Bus Siap Angkut Pemudik dari Jakarta

Perum PPD, Sinar Jaya, dan Mayasari Bhakti adalah beberapa perusahaan yang membantu penyediaan bus.

2.000 Bus Siap Angkut Pemudik dari Jakarta

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah

Jakarta, BerlimaNews - Pemprov DKI Jakarta memastikan ketersediaan bus pemudik untuk Hari Raya Idul Fitri 2018. Lebih dari 2.000 tersedia di beberapa terminal di Jakarta. "Kesiapan armada angkutan lebaran 2018 di Provinsi DKI Jakarta terdiri dari bus reguler antarkota antarprovinsi sebanyak 2.370 bus," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (06/06/2018).

Andri menuturkan sejumlah perusahaan bus juga ikut membantu penyediaan bus pemudik. Perum PPD, Sinar Jaya, dan Mayasari Bhakti adalah beberapa perusahaan yang membantu penyediaan bus. "Bus bantuan yang terdiri dari beberapa perusahaan, seperti Perum PPD, Mayasari Bhakti, Sinar Jaya, Bayu Holong sebanyak 175 bus serta bus pariwisata terdiri dari Big Bird, Sinar Jaya Langgeng, Pahala Kencana, Perum DAMRI, Prima Jasa sebanyak 120 bus," papar Andri.

Jadi, total bus yang tersedia untuk mengangkut pemudik dari Jakarta adalah 2.655 unit. Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya mengatakan kemacetan menjelang libur Idul Fitri diprediksi jatuh pada 8, 9, dan 10 Juni. 

Tito mengimbau masyarakat selalu mengamati kondisi lalu lintas agar tidak terjebak macet. "Pesan kepada masyarakat, kalau bisa lihat situasi, lihat di media, lihat di aplikasi Waze kalau ada. Kemacetan di tanggal 8, 9, 10 yang kita anggap rawan. Ini Jumat, Sabtu, Minggu kalau serempak pulang (mudik). Kalau bisa kalau terjadi kemacetan, lebih baik ditunda di tanggal 10, 11, 12," kata Tito di Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, pagi tadi.