BEM SI Gelar Aksi Nasional di gedung DPR RI dan Istana Negara

Momentum 20 tahun reformasi, BEM SI meminta kepada pemerintah agar pemerintah selalu menjunjung tinggi kedaulatan NKRI dan untuk mahasiswa agar tidak terbuai dengan keadaan saat ini.

BEM SI Gelar Aksi Nasional di gedung DPR RI dan Istana Negara

Aliansi BEM Seluruh Indonesia

Jakarta, BerlimaNews - Senin (21/5/2018), Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia ( BEM SI) akan menggelar aksi Nasional yang dipusatkan di gedung DPR RI dan Istana Negara. BEM SI mendefinisi 20 tahun reformasi tidak hanya menjadi momentum tapi juga sebagai ajang evaluasi sejauh mana pemerintah telah menggulirkan amanat reformasi.

Aksi tersebut, merupakan refleksi 20 tahun reformasi dengan satu tema yaitu mewujudkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Aksi serentak akan dilaksanakan diberbagai wilayah Sumbagut, Sumbagsel, Kalimantan, Jateng-DIY, Balinustra dan beberapa daerah lainnya. 

“Aksi akan dilaksanakan tidak hanya di jakarta, tapi di beberapa wilayah dengan sikap yang sudah direncanakan. Masa aksi di jakarta diestimasikan sekitar 1500-2000 orang," ujar Wildan dalam siaran persnya, Minggu (20/5/2018).

Ada tiga sikap yang akan disampaikan dalam aksi tersebut 

1. Wujudkan kebebasan berdemokrasi yang menjamin penuntasan kasus HAM masa lalu, ruang bersuara dan berserikat rakyat, pemberantasan KKN, dan kembalikan fungsi militer seperti amanat reformasi,

2. Pastikan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya buruh, pembagian sistem yang jelas antara pemerintah pusat dan daerah, dan pendidikan berkualitas dan terjangkau bagi seluruh kalangan,

3. Ciptakan ketahanan nasional bidang energi dan pangan untuk Indonesia yang berkelanjutan.