Selama Asian Games 2018, Anies Usul Jam Kerja PNS Berubah

"PNS jam kerjanya disesuaikan, sehingga pada jam-jam puncak lalu lintas, pegawai negeri tidak berkontribusi atas padatnya lalu lintas. Ini yang kita rencanakan," kata Anies

Selama Asian Games 2018, Anies Usul Jam Kerja PNS Berubah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, BerlimaNews - Tak hanya mempercepat jam belajar anak sekolah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengusulkan agar pegawai negeri sipil (PNS) masuk lebih awal selama penyelenggaraan Asian Games 2018. 

Usulan penyesuaian jam kerja itu akan disampaikan Anies ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dalam waktu dekat. "PNS jam kerjanya disesuaikan, sehingga pada jam-jam puncak lalu lintas, pegawai negeri tidak berkontribusi atas padatnya lalu lintas. Ini yang kita rencanakan," kata Anies dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (15/05/2018). 

Bila merujuk pada jam masuk anak sekolah yang direncanakan Pemprov DKI, nantinya mereka akan masuk antara pukul 06.15-06.30 WIB. Namun, soal jam masuk PNS, Anies menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian PAN-RB. Anies beralasan, banyak PNS yang berkantor di seputar Jalan Sudirman-Thamrin. 

Sementara, pada saat yang sama, Pemprov DKI berencana melakukan rekayasa lalu lintas di sepanjang koridor tersebut, agar mobilitas atlet dari Wisma Atlet Kemayoran ke Gelora Bung Karno lancar. "Usul kami dilakukan penyesuaian jam kerja, seperti Kementerian PAN-RB mengirimkan edaran jam kerja selama bulan Ramadhan," pungkasnya.