Timnas Jerman Tanpa Nuer di Piala Dunia 2018

Neuer pun masih diragukan bisa tampil. Kalaupun akhirnya turun bertanding, paling mungkin Neuer baru bisa tampil selepas fase grup.

Timnas Jerman Tanpa Nuer di Piala Dunia 2018

Manuel Neuer

Jerman, Berlimanews - 17 Juni 2018 tim nasional Jerman akan menjalani laga pertamanya, dalam ajang Piala Dunia 2018 dan akan berhadapan dengan Meksiko. Sayangnya, dalam pertandingan perdananya tersebut, tim Jerman tidak akan diperkuat oleh kiper terbaiknya yakni Manuel Neuer. Neuer, tengah dibekap cedera kaki yang ia derita sejak bulan September 2017 lalu.

Karena cedera yang dideritanya itu pula, bersama Bayern Munchen selama musim ini, Neuer hanya tampil sebanyak tiga kali di ajang Bundesliga dan satu kali di ajang Liga Champions. Pemain berusia 32 tahun tersebut juga tidak akan ditampilkan oleh Bayern ketika menjalani laga final di ajang DFB Pokal melawan Einracht Frankfurt

Untuk ajang Piala Dunia 2018 yang akan digelar sekitar satu bulan lagi, Neuer pun masih diragukan bisa tampil. Kalaupun akhirnya turun bertanding, paling mungkin Neuer baru bisa tampil selepas fase grup. Hal ini seperti dijelaskan oleh mantan fisioterapi tim nasional Jerman, Oliver Schmidtlein.

“Aku rasa paling cepat ia [Neuer] bisa bergabung adalah pada fase knock-out Piala Dunia. Manuel tidak memungkinkan berlatih dalam situasi seperti ini. Walau waktu [Piala Dunia] semakin mendesak, atau ia harus mempertaruhkan proses pemulihannya sendiri,” tutur Schmidtlein.

Jika benar sampai Piala Dunia nanti Neuer belum bisa pulih, tentunya kekuatan tim nasional Jerman akan cukup berkurang di sisi pertahanan. Penjaga gawang dengan tinggi 1,93 meter tersebut sebelumnya begitu diandalkan di bawah mistar gawang Jerman.