Lansia di DKI Akan Terima Program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD)

Kedepannya seluruh lansia di Jakarta bisa mendapatkan bantuan KLJ, tidak hanya yang terdaftar dalam BDT-PPFM saja sehingga seluruh lansia bisa merasakan bantuan dari pemerintah.

Lansia di DKI Akan Terima Program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Istimewa)

Jakarta, BerlimaNews - Mulai bulan Mei 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memberikan bantuan sosial kepada Para lanjut usia (lansia) yang tinggal di Jakarta. Program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) ini, akan disalurkan melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ).

Nantinya, para lansia akan menerima bantuan uang sebesar Rp. 600 ribu setiap bulannya terhitung mulai bulan April 2018. Lansia yang berhak menerima bantuan tersebut, mereka yang berusia 60 tahun ke atas, berdomisili di Jakarta, tidak memiliki penghasilan tetap atau miskin, sakit menahun dan tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari, serta telantar secara psikis dan sosial.

"Jumlah keseluruhan mencapai 14.520 lansia, dengan jumlah nominal sebesar Rp600 ribu per bulan yang diberikan terhitung mulai April 2018," Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta  di RPTRA Pulo Gundul, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Barat, Selasa (8/5/2018).

Data penerima KLJ bersumber dari Basis Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (BDT-PPFM) yang dimutakhirkan Badan Pusat Statistik dan diverifikasi serta divalidasi Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sedangkan bagi yang belum terdaftar dalam BDT, bisa memohon KLJ dapat mendaftar melalui lurah setempat atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait untuk mengajukan surat permohonan bantuan sosial (Bansos) PKD bagi lansia, surat pernyataan calon penerima bantuan, dan fotocopy Kartu Keluarga (KK).

Penerima KLJ tahap I sebanyak 12.121 lansia yang disalurkan serentak  Selasa (8/5/2018),  sedangkan tahap II akan disalurkan menjelang Hari Raya Idul Fitri kepada 2.379 lansia. "Para lansia ini akan menerima Rp 600 ribu per bulan dan yang dibagikan sekarang ini di rapel 2 bulan. Bulan April dan bulan Mei jadi mereka menerima Rp 1,2 juta bulan ini," ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berharap, kedepan seluruh lansia di Jakarta bisa mendapatkan bantuan KLJ tidak hanya yang terdaftar dalam BDT-PPFM saja sehingga seluruh lansia bisa merasakan bantuan dari pemerintah. Selain itu, Anies juga berpesan kepada para lansia agar memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan. "Kalau memang bisa disimpan dibuat simpanan juga, sehingga tidak selalu habis setiap bulan," pungkasnya.