2020 Indonesia Bersiap Terapkan Jaringan 5G

Jaringan 5G akan segera diluncurkan pada 2020 mendatang dengan membawa banyak keuntungan.

2020 Indonesia Bersiap Terapkan Jaringan 5G

Ilustrasi jaringan 5G. (Istimewa)

Jakarta, BerlimaNews - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), saat ini sedanga mempersiapkan pita frekuensi untuk menggelar layanan 5G di Indonesia. Persiapan tersebut, dilakukan karena jaringan 5G akan segera diluncurkan pada 2020 mendatang dengan membawa banyak keuntungan. "Kami siapkan di band 3,5GHz, 2,6GHz, dan 2,8GHz. Ini mengikuti kesepakatan dunia," jelas Ismail, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Telekomunikasi dan Informatika Kominfo. 

Menurut Ismail, pemilihan jaringan tersebut nantinya bisa menghemat biaya pembangunan infrastruktur 5G. "Indonesia tidak bisa menentukan sendiri, kalau begitu nanti spesial dan khusus, yang bisa (membuat) biayanya mahal," imbuhnya.

Dengan jaringan 5G bisa dimanfaatkan di sektor kritikal yang membutuhkan latensi rendah, sehingga area tersebut perlu mendapatkan internet super cepat. Contohnya, Indonesia menuju indusri 4.0. Industri ini akan mengkombinasikan komputasi awan dengan mobile internet, dimana ratusan juta unit perangkat berkomunikasi dengan menggunakan platform-platform.

"Perangkat-perangkat itu baru bisa beroperasi dengan baik, kalau sudah ada layanan 5G. 5G sekarang dalam proses finalisasi launching secara komersial," sebutnya. Para operator pun sudah mempersiapkan jaringan untuk 5G, bahkan beberapa diantaranya sudah melakukan uji coba. Sedangkan di sisi jaringan, beberapa vendor seperti Nokia, Ericsson, ZTE, dan lainnya juga sudah memboyong solusi perangkat 5G ke Indonesia.