Pengerjaan MRT Tinggal Menyisakan Entrance Interior dan Sistem.

Pengerjaan MRT Jakarta tinggal menyisakan sekitar 8 persen lagi, dan akan memasuki tahap pengujian hingga akhirnya akan beroperasi pada tahun 2019

Pengerjaan MRT Tinggal Menyisakan Entrance Interior dan Sistem.

Proyek MRT Jakarta. (Foto: Istimewa)

Jakarta, BerlimaNews - Proyek Mass Rappid Transit (MRT) di Jakarta sudah hampir selesai, pengerjaannya kini sudah mencapai 92,5 persen. Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar mengatakan, pengerjaan kini hanya menyisakan pekerjaan seperti entrance interior dan sistem. “Yang 8 persen itu adalah pekerjaan entrance interior dan pekerjaan sistem. Jadi, beberapa harus kita kerjakan sekarang itu seperti rel kereta power on memasukkan listrik ke dalam sistem ini,” jelasnya.

Untuk tahap pengujiannya sendiri, tahap pertama akan dimulai dengan pengujian di track MRT Jakarta yang direncanakan pada Agustus mendtang. “Agustus kereta pertama ini akan mulai kita uji cobakan di track. Itu akan menandai dimulainya sebuah proses yang disebut dengan integrated testing and commissioning,” jelasnya.

Hal tersebutpun sepertinya akan terlaksana, karena kereta tahap pertama juga sudah tiba di Jakarta sebanyak 12 unit. Rangkaian tahap pengujian , akan terus dilakukan sebelum jadwal pengoperasian pada Maret 2019 mendatang. “Desember itu adalah proses trial run di mana proses untuk menjalankan kereta tapi belum penumpang jadi kita kan punya tiga bulan trial run sebelum operasi komersial dilaksanakan pada bulan Maret tahun depan,” pungkasnya.