Barcelona dan Manchester City Tersingkir: Pep Salahkan Wasit, Valverde Minta Maaf

Barcelona dan Manchester City gagal melaju ke babak semifinal usai dikalahkan lawan-lawannya pada laga leg kedua babak perempat final Liga Champions yang berlangsung Rabu (11/4/2018) dini hari WIB.

Barcelona dan Manchester City Tersingkir: Pep Salahkan Wasit, Valverde Minta Maaf

Ernesto Valverde dan Josep Guardiola gagal membawa timnya ke babak semifinal

Jakarta, BerlimaNews - Barcelona dan Manchester City gagal melaju ke babak semifinal usai dikalahkan lawan-lawannya pada laga leg kedua babak perempat final Liga Champions yang berlangsung Rabu (11/4/2018) dini hari WIB.

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengeluhkan keputusan wasit, Antonio Miguel Mateu Lahoz, yang menganulir gol Leroy Sane ketika `The Citizens` takluk 1-2 dari Liverpool di Stadion Etihad. Protes Pep berujung kartu merah yang diterimanya saat laga babak pertama usai.

"Saya bilang itu gol ketika bola diumpan kepada Leroy Sane. Itulah kenapa ia mengkartu merah saya," kata Guardiola dalam jumpa pers purna laga sebagaimana dilansir laman resmi `The Citizens`. Menurut Guardiola keadaan akan berbeda jika saja gol tersebut tidak dianulir.

Ia bahkan mengungkit gol Mohamed Salah di laga pertama yang diyakininya berawal dari situasi offside, juga gol Gabriel Jesus yang dianulir lantaran offside di laga yang sama.

"Semua akan berbeda jika skor menjadi 2-0. Akan berbeda jika gol Salah di Anfield dianggap offside. Jelas berbeda ketika gol Gabriel Jesus di Anfield offside. Di kompetisi ini semua tim setara dan pengaruh keputusan wasit sangat penting. Kami akan mencobanya lagi musim depan," kata Guardiola.

Tak lupa, Guardiola juga mengucapkan selamat kepada kelolosan Liverpool ke semi final, "semoga mereka bisa mewakili Inggris dengan baik di semi final."

Terpisah, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menyampaikan permintaan maaf pendek kepada para penggemar lantaran gagal membawa `Blaugrana` melaju ke semi final. Punya bekal kemenangan 4-1, Barca di luar dugaan justru takluk 0-3 dari AS Roma di Stadion Olimpico.

Kekalahan tersebut membuat Barcelona tersingkir sebab Roma memiliki keunggulan agresivitas gol tandang meski skor agregat sama kuat 4-4. "Kami meminta maaf kepada para penggemar. Sekarang kami harus beranjak dan fokus kepada apa yang tersisa bagi kami," ucapnya pendek sebagaimana dikutip akun resmi Barcelona di Twitter selepas laga usai.

Setelah tersingkir dari Liga Champions, Barcelona saat ini hanya menyisakan satu peluang trofi di musim ini yakni La Liga Spanyol. Lionel Messi dkk saat ini memimpin klasemen sementara Liga Spanyol dengan raihan 79 poin, unggul 11 poin dari pesaing terdekat Atletico Madrid (68), dengan musim yang menyisakan tujuh laga terakhir.