Derby Manchester, Sanggupkah Setan Merah Menunda Pesta The Citizen?

Duel pekan ke-33 bertajuk Derby Manchester bakal dihelat di Stadion Etihad Stadium pada Sabtu (7/4/2018) malam WIB. Laga tersebut akan jadi pertandingan penentu apakah Manchester City bisa menyegel gelar Liga Primer Inggris musim 2017-2018 lebih cepat. Sanggupkah `Setan Merah` merusak pesta juara `The Citizen`.?

Derby Manchester, Sanggupkah Setan Merah Menunda Pesta The Citizen?

Duel Manchester City vs Manchester United. (istimewa)

Jakarta, BerlimaNews - Duel pekan ke-33 bertajuk Derby Manchester bakal dihelat di Stadion Etihad Stadium pada Sabtu (7/4/2018) malam WIB. Laga tersebut akan jadi pertandingan penentu apakah Manchester City bisa menyegel gelar Liga Primer Inggris musim 2017-2018 lebih cepat. Sanggupkah `Setan Merah` merusak pesta juara `The Citizen`.?

Tim besutan Josep Guardiola hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menutup persaingan gelar juara. Tapi jika tuan rumah gagal meraup poin penuh, maka pesta perayaan juara dipastikan batal terwujud. Dengan kata lain, meraih tiga poin di kandang menjadi harga yang tidak bisa ditawar dan hasil positif nanti bisa menjadi penebusan kekalahan melawan The Reds di Liga Champions.

Perayaan gelar juara tampaknya sudah dipersiapkan The Citizens. Maklum, seperti yang telah diulas di atas, City hanya butuh satu kemenangan lagi dan itu takkan bisa dikejar lagi oleh rival sekota mereka. Melihat statistik penampilan tuan rumah di Stadion Etihad dalam lima pertandingan terakhir di kompetisi domestik cukup mentereng.

Kendati begitu, Guardiola mengaku kalau ia tak akan terlalu memaksakan skuadnya untuk tampil habis-habisan di laga melawan Man United. Pelatih asal Spanyol itu tentu tak mau kehabisan tenaga saat berjumpa Liverpool di leg kedua. Terlebih lagi, Man City sebenarnya sudah menggenggam Liga Inggris, mereka hanya butuh satu atau dua kemenangan dari tujuh laga tersisa untuk bisa menjadi juara.

"Kami memiliki tujuh pertandingan tersisa dan harus memenangkan satu atau dua di antaranya. Ini hampir selesai. Kami hampir menjadi juara. Itu kebetulan penentuan terjadi di laga derby. Kami tidak menyiapkan musim kami untuk menjuarai Liga Inggris dengan melawan United di kandang kami," kata Guardiola.

Kevin de Bruyne dkk masih menempatkan Etihad Stadium sebagai markas yang angker. Pasalnya, mereka sejauh ini belum terkalahkan. Hasil berbanding terbalik justru dirasakan United. Dalam lima kali menjalani laga tandang, mereka sudah menelan dua kali kekalahan.

United tentunya tidak ingin menjadi saksi hidup untuk menyaksikan tim sekota mereka mengangkat trofi Liga Inggris di depan pendukung The Citizens. Tapi itu rasanya bakal sulit terealisasi mengingat dari head to head menyebut jika Romelu Lukaku dkk telah menelan delapan kali kekalahan dari 13 pertandingan melawan City.