Pengamat Nilai, TGB Bisa Direbut dari Demokrat

Prabowo yang kemungkinan akan diusung menjadi capres. Sementara nama-nama lain yang dinilai kuat mendampinginya, yakni Sohibul Iman dari PKS, Zulkifli Hasan dari PAN, dan juga Yusril Ihza Mahendra dari PBB

Pengamat Nilai, TGB Bisa Direbut dari Demokrat

Politikus Partai Demokrat TGB Muhammad Zainul Majdi

Jakarta, BerlimaNews - Pengamat politik dari Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri B Satrio, menilai koalisi empat partai bisa memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 apabila mengusung figur yang tepat. Gerindra yang wacananya menggawangi koalisi empat partai bersama PKS, PAN, dan PBB, sejauh ini mengusung ketua umum Prabowo Subianto maju sebagai capres 2019.

Hendri menyebut Prabowo yang kemungkinan akan diusung menjadi capres. Sementara nama-nama lain yang dinilai kuat mendampinginya, yakni Sohibul Iman dari PKS, Zulkifli Hasan dari PAN, dan juga Yusril Ihza Mahendra dari PBB. "Namun Prabowo tampaknya juga melirik TGB (Tuan Guru Bajang). Bisa saja bila Demokrat tidak kunjung pasang TGB, bisa saja diambil Prabowo," kata Hendri di Jakarta, Sabtu (24/03/2018). 

Namun, menurutnya, keberhasilan koalisi empat partai tidak hanya tergantung pada sosok figur capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2019. Kemenangan mereka di Pilpres 2019 juga sangat tergantung pada hasil Pilkada 2018. Beberapa partai saat ini juga sedang menguatkan diri di beberapa daerah. Ia mencontohkan Partai Demokrat yang saat ini telah memusatkan pemenangan di wilayah Jawa Barat.

Lebih jauh Hendri mengatakan Pilkada 2018 ini sangat spesial karena wilayah Jabar, Jateng, dan Jatim mengikuti pesta demokrasi ini. "Ketiga wilayah ini cukup menentukan kemana nanti arah koalisi para partai ini," tutur Hendri.