Lengkapi Bukti, Pemprov DKI Akan Laporkan Pembuang Kabel di Gorong-gorong

Pembuangan sampah kulit kabel tersebut dilakukan untuk menghindari biaya pembuangan sampah ke tempat semestinya

Lengkapi Bukti, Pemprov DKI Akan Laporkan Pembuang Kabel di Gorong-gorong

Temuan Sampah di Gorong-Gorong Merdeka Barat, Jakarta

Jakarta, BerlimaNews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengumpulkan barang bukti untuk melaporkan temuan sampah kulit kabel yang menumpuk di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan akan melampirkan barang bukti berupa rekaman closed circuit television (CCTV) saat melaporkan ke instansi Polri. "Masih, kami lengkapi dulu evaluasinya. Nanti kami laporkan. Kami lapor ke polisi berikut rekaman CCTV," tutur Sandiaga Uno, Rabu (21/03/2018).

Berdasarkan hasil temuan di lapangan, politikus Partai Gerindra itu menduga pembuangan sampah kulit kabel tersebut dilakukan untuk menghindari biaya pembuangan sampah ke tempat semestinya. "Ini ada pola, jadi kalau saya lihat polanya ekonomis. Apakah itu pencurian kabel, apakah itu motif ekonomi kalau mesti membuang bekas kabel jauh dari mahal, jadi mereka buang saja di gorong-gorong kan tidak ada yang lihat. Simpel saja seperti itu," kata dia.

Namun, dia menilai, pembuangan sampah kulit kabel tersebut melakukan bentuk pelanggaran hukum. Apalagi kalau ditemukan ada unsur pencurian kabel. Sehingga dapat diberikan sanksi tegas kepada pelaku. "Itu yang harus diberikan sanksi yang sangat tegas, kalau memang ada pencurian ya pidana yang sepadan dengan kebutuhan dan perundang-undangan. Kami lagi review dan kami pastikan itu siapa oknumnya yang melakukan itu," jelasnys.