Tahun 2018, KemenPan-RB Ubah Skema Pensiun PNS

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan perubahan skema pensiun untuk pegawai negeri sipil (PNS) pada 2018. Skema pensiun ini disebut akan lebih baik dibanding sebelumnya.

Tahun 2018, KemenPan-RB Ubah Skema Pensiun PNS

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan), Asman Abnur. (istimewa)

Jakarta, BerlimaNews - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan perubahan skema pensiun untuk pegawai negeri sipil (PNS) pada 2018. Skema pensiun ini disebut akan lebih baik dibanding sebelumnya.

Menteri PANRB, Asman Abnur mengatakan, model skema pensiun sudah tahap final. Melalui skema ini, manfaat yang diterima PNS lebih besar. "Nanti akan diumumkan setelah disepakati. Tapi final model sudah ada. Kita berharap lebih bagus dari sekarang. Besarannya lebih besar," ungkapnya.

Asman menambahkan, skema pensiun ini akan memperhitungkan masa kerja dan jumlah iuran. PNS akan menerima manfaat maksimal saat pensiun. "Kita berharap dihitung juga berdasarkan masa kerja dan jumlah iuran yang sekarang mungkin dikelola tidak sebagaimana mestinya. Dana pensiun kan masih dikelola Taspen tidak dikembalikan kemakmurannya untuk ASN," ujarnya.

"Ke depan kita akan mengubah model ini agar manfaat dana pensiun memberikan nilai tambah ASN," kata dia.

Meski demikian, Asman belum menerangkan secara rinci perubahan skema pensiun tersebut. Namun, dia memastikan skema pensiun akan memberi motivasi bagi PNS untuk bekerja lebih baik. "Terakhir kita dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang memperbaiki sistem pensiun ASN. Sehingga model pensiun yang baru ini akan memberi motivasi ASN bekerja lebih baik lagi," katanya.