Bikin Heboh, Fitur Baru Instagram Bisa Intip Terakhir Kali Online

Instagram merilis fitur baru yakni, Direct Instagram. Fitur tersebut mirip yang ada di Facebook Messenger dan WhatsApp, dimana pengguna dapat mengetahui kapan pengguna lain terkahir kali menggunakan aplikasi berbagi foto tersebut.

Bikin Heboh, Fitur Baru Instagram Bisa Intip Terakhir Kali Online

Instagram kini tampilkan keterangan terakhir kali aktif. (istimewa)

Jakarta, BerlimaNews - Instagram merilis fitur baru yakni, Direct Instagram. Fitur tersebut mirip yang ada di Facebook Messenger dan WhatsApp, dimana pengguna dapat mengetahui kapan pengguna lain terkahir kali menggunakan aplikasi berbagi foto tersebut.

Di mana kita bisa melihat fitur last seen di IG? Fitur Direct Instagram ini dimunculkan pada menu direct message. Anda bisa cek isi DM, dan orang yang pernah chat dengan anda di DM langsung kelihatan kapan terakhir kali dia online di IG.

Keputusan Instagram mengujicobakan Direct Instagram ini menimbukan banyak reaksi dari netizen. Beberapa netizen menganggap fitur ini sebagai ancaman. Stalker (penguntutit) bisa leluasa kepoin targetnya.

Akun @dyanra menulis "Instagram sekarang udah kayak whatsapp, bisa liat yg online dan ada last seen nya. noh buat yg pamitnya tidur di whatsapp padahal masih scroll instagram, mampyus."

"DM IG rasa WhatsApp. sekalian aja adain fitur grup chat. jadii gaperlu WA/Line lagi. cukup 1 aplikasi," kata akun @gungpratama.

Sedangkan akun @aldinmgh memberi saran "Daripada ngasih tambahan keterangan onlen dan terakhir onlen, mending IG ngasih fitur look around/people nearby. Lebih berguna."

Fitur ini juga telah diaktifkan Instagram kepada penggunanya secara default. Fitur itu juga telah muncul di Indonesia meski beberapa pengguna Instagram belum mendapatkannya.

Fitur ini ditemukan pada Instagram versi iOS dan Android beberapa waktu lalu. Meski menunjukkan kapan terakhir kali Anda membuka Instagram, fitur baru itu hanya terlihat jika Anda menandai seseorang di stories atau melalui direct message (DM), sehingga pengguna lain yang belum pernah berinteraksi dengan Anda tak bisa mengetahuinya.

Ini mungkin akan membantu pengguna memantau aktivitas pengguna lain yang merupakan keluarga atau rekannya. Namun tentunya, bagi sebagian pengguna fitur ini akan terasa mengganggu karena tak ingin dirinya dipantau orang lain.

Untungnya, Instagram memberikan opsi untuk menonaktifkan fitur tersebut. Caranya, buka profil Anda dan pilih menu yang ditandai dengan ikon tiga titik.

Pilih edit profil dan dalam menu tersebut hingga Anda menemukan opsi `Show Activity Status.` Ketuk opsi tersebut jika Anda ingin menonaktifkannya. Sebagai gantinya, Anda juga tidak dapat melihat aktivitas terakhir pengguna lain, jika Anda mematikan fitur tersebut.