Dituding Menistakan Agama, FUIB Akan Laporkan Joshua Suherman ke polisi

Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) akan melaporkan komika Joshua Suherman ke Badan Reserse Kriminal Polri pada Selasa (9/1/2018) pukul 14.00 WIB.

Dituding Menistakan Agama, FUIB Akan Laporkan Joshua Suherman ke polisi

Joshua Suherman. (istimewa)

Jakarta, BerlimaNews - Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) akan melaporkan komika Joshua Suherman ke Badan Reserse Kriminal Polri pada Selasa (9/1/2018) pukul 14.00 WIB.

"Jam 14.00 WIB di Bareskrim, Gambir, kami akan melaporkan atas nama Joshua Suherman karena beberapa minggu lalu menyinggung soal agama," kata Ketua FUIB Rahmat Himran.

Rahmat mengetahui dugaan penistaan ini dari aduan rekannya pada Sabtu (6/1) lalu. Ia langsung berdiskusi dengan pengurus FUIB dan berencana melaporlannya esok hari. Pihaknya berharap dengan pelaporan ini, tidak akan ada lagi pihak yang melakukan penistaan terhadap agama.

"Hidup di Indonesia penuh dengan makna Pancasila. Saling menghargai sesama agama," Rahmat berharap.

Kata Rahmat, FUIB akan melaporkan Joshua Suherman dengan jerat pasal 156 huruf a KUHP tentang penistaan agama. Namun mereka terbuka jika ada tambahan pasal setelah berbincang dengan kepolisian di Bareskrim Polri.

Dalam aksi panggungnya, Joshua mengemukakan penyebab Anisa lebih terkenal dibanding Cherly dalam girlband Cherrybelle. "Semuanya Anisa. Padahal skill nyanyi tipis-tipis, skill nge-dance tipis, cantik relatif, ya kan? Gue mikir kenapa Anisa selalu unggul dari pada Cherly, ah sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che (Cherly), Islam," kata Joshua dalam rekaman video yang diunggah ke YouTube.

Aksi Joshua sempat menjadi sorotan warganet di media sosial Twitter, memunculkan #BoikotJoshua dan #TangkapGeDANJoshua, merujuk pada Ge Pamungkas.

Komika Ge Pamungkas juga menjadi sorotan warganet. Tentang komika ini, Rahmat mengatakan kali ini forumnya belum akan melaporkan Ge ke polisi.