Jabar Petakan Lima Daerah Wisata Potensial

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat memetakan lima daerah wisata potensial yang dapat menjaring kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jabar Petakan Lima Daerah Wisata Potensial

Geopark Ciletuh

Bandung, BerlimaNews - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat memetakan lima daerah wisata potensial yang dapat menjaring kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Lima lokasi wisata itu Bandung raya, Bogor, Pelabuan Ratu yang juga termasuk Geopark Ciletuh, Ciayumajakuning (Ciayu-Majalengka-Kuningan) dan di selatannya ada Pangandaran," ujar Kepala BPPD Jabar Cecep Rukmana di Bandung, Selasa (20/12/2017).

Cecep menjelaskan untuk wisata di Bandung raya banyak wisata tematik yang dapat dinikmati pengunjung mulai dari pegunungan, pemandian air panas, wisata keluarga, kuliner serta budaya.

Sementara di Bogor, beberapa tempat wisata selalu menjadi primadona pengunjung seperti Taman Safari dan jalur puncak. 

Selain itu ada juga Ciayumajakuning yang menawarkan wisata alam yang cocok bagi para petualang seperti pendakian, maupun air terjun.

"Dua titik lokasi lainnya, Pelabuhan Ratu dan Pangandaran menawarkan wisata khususnya pengunjung yang menyukai pantai," kata dia.

Menurutnya, lima titik daerah wisata itu sangat berpotensi dalam menjaring jumlah kunjungan yang berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar serta pendapatan asli daerah (PAD).

Akan tetapi, dalam upaya mengoptimalkan seluruh area tersebut perlu didukung dengan aksesibilitas dan infrastruktur yang menunjang. Terlebih, dua hal tersebut selalu menjadi permasalahan yang tak kunjung usai.

"Kalau ke Taman Safari pengunjung selalu dihadapkan kemacetan. Bandung juga sama," kata dia.