Separuh Kementerian Jokowi Ternyata Masuk Zona Merah Administrasi

Sebanyak delapan persen dari 14 kementerian di kabinet kerja Presiden Joko Widodo, masuk dalam kategori zona merah pelayanan administrasi itu.

Separuh Kementerian Jokowi Ternyata Masuk Zona Merah Administrasi

Presiden Jokowi saat memipin rapat terbatas di Istana Negara. (net)

Jakarta, BerlimaNews- Sebanyak delapan persen dari 14 kementerian di kabinet kerja Presiden Joko Widodo dan wakil Jusuf Kalla masuk dalam kategori tidak patuh oleh Ombdusman Indonesia.

Namun, Ketua Ombudsman Amzulian Rifai enggan merinci kementerian mana saja yang masuk dalam kategori zona merah pelayanan administrasi itu.

Ia memastikan, dari 14 kementerian hanya 35 persen saja yang masuk dalam kategori zona hijau atau patuh. Sementara sisanya selain tidak patuh atau zona merah, masih dalam kategori sedang.

"Sekitar 57 persen berada pada zona kuning," kata Amzulian di Istana Bogor, Kamis (7/12). Di bagian lain, terkait aduan yang masuk ke Ombudsman, Amzulian mengakui ada peningkatan di tingkatan publik.

Ini ditunjukkan dengan jumlah aduan dari tahun 2015 yang hanya ada 6.897 laporan lalu meningkat lagi menjadi 9.075 pada tahun 2016. "Tahun 2017 ini kita memprediksi di atas 10.000," katanya.

Terkait rincian aduan, Amzulian menyebutkan masih berkaitan dengan berlarutnya masalah yang telah dilaporkan. Kondisi itu, lanjutnya, membuka peluang untuk terjadinya pungutan liar.

"Bapak Presiden menekankan jika memang ada hal-hal yang sifatnya perlu diperbaiki, maka jangan sungkan untuk dipublikasikan dalam rangka untuk perbaikan-perbaikan ke depan," katanya.